Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri, Irjen Mohammad Yassin Kosasih meminta personel Ditpolairud Polda Lampung memastikan kelengkapan kapal penumpang di Pelabuhan Bakauheni.

Hal itu disampaikan Yassin saat mengecek persiapan pengamanan arus mudik lebaran dalam rangka Operasi Ketupat 2024 jelang Idulfitri di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (28/3).

Yassin meminta personel mengecek dengan benar kapal penumpang terkait kelengkapan alat navigasi, perlengkapan alat keselamatan, dan kesesuaian tiket penumpang dengan kapasitas yang mampu ditampung oleh kapal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tidak kalah penting, untuk kendaraan yang akan naik ke kapal harus di-lashing, supaya ketika terjadi ombak tidak mengganggu kestabilan kapal,” kata Yassin dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3).

Yassin mengatakan setelah melihat pemaparan dari pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni, ada upaya perbaikan dalam menghadapi pengamanan arus mudik Idulfitri dari tahun ke tahun.

“Inovasi yang telah disiapkan seperti delaying system, rekayasa lalu lintas kendaraan yang menuju Pelabuhan Bakauheni dan radius reservasi tiket sangat baik untuk menghindari penumpukan kendaraan yang masuk ke pelabuhan,” katanya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni Rudi Sunarko menyampaikan Pelabuhan Bakauheni menyiapkan 63 Kapal yang siap beroperasi untuk angkutan penyeberangan lintas Merak-Bakauheni.

Termasuk, posko pengamanan dan posko kesehatan guna melayani masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran.

“Rencananya akan dilaksanakan skenario delaying system dan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan di beberapa rest area yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni. Rekayasa lalu lintas akan diterapkan di beberapa titik,” katanya.

Rudi menambahkan ASDP Cabang Bakauheni memilik tujuh dermaga untuk melayani penyeberangan dengan area parkir yang cukup luas.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan akan dilakukan skenario alur kendaraan untuk roda dua dan roda empat di pelabuhan.

“Kami menerapkan radius reservasi tiket berjarak 4,24 KM sebagai upaya untuk menghindari penumpukan kendaraan yang membeli tiket secara manual, dan juga untuk menghindari calo tiket di Pelabuhan Bakauheni,” katanya.

Cek Pelabuhan Merak

Setelah dari Pelabuhan Bakauheni, Yassin dan rombongan juga mengecek pengamanan di Pelabuhan Merak, Banten.

Ia mengatakan perlu kerja sama yang baik antar-stakeholder terkait pelaksanaan pengamanan arus mudik.

“Kabaharkam Polri menugaskan saya untuk melakukan pengecekan kesiapan pengamanan Operasi Ketupat 2024 di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak,” katanya

Yassin mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo pada saat Rapat Pimpinan TNI-Polri agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Mudik lebaran tahun 2024 bisa menjadi momentum untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kita belajar dari pengalaman pengamanan lebaran dari tahun ke tahun. Saya berharap ada inovasi dan ide baru dalam melaksanakan pengamanan,” katanya.

(yoa/bmw)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *